FASILITAS GUNADARMA

FASILITAS PEMBELAJARAN BERBASIS ICT


”Pengembangan muatan informasi dan materi pembelajaran yang hanya berlaku untuk program studi tertentu menjadi tugas dan wewenang dari masing-masing program studi tersebut. Konsep ini memungkinkan setiap program studi untuk mengembangkan aspek akademik sesuai dengan hasil evaluasi diri dan rencana kerja masing-masing program studi, tetapi tetap berpijak pada rencana strategis dan kebijakan Universitas dan/atau Yayasan Pendidikan Gunadarma”
”Pemanfaatan Sistem Informasi untuk proses belajar-mengajar perlu berkoordinasi dengan program studi, Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK), serta unit kerja yang terlibat dalam proses belajar-mengajar. Implementasi proses belajar-mengajar berbasis TIK tersebut perlu dilengkapi dengan pedoman pelaksanaan dan kode etik penggunaan yang disyahkan oleh Rektor”

Pedoman umum tersebut tercantum dalam kebijakan dan pedoman umum Good University Governance 2007-2012. Sebagai bentuk implementasi tersebut, berbagai sarana dan prasaranan yang digunakan untuk mendukung proses belajar-mengajar telah dikembangkan yaitu UG-Elearning Center, UG-Staffsite, UG Student Site, UG-Library center, Internet Lounge, Integrated Lab, dan fasilitas UG-Hot Zone.




UG E-Learning Center



Universitas Gunadarma sudah menerapkan proses belajar-mengajar dengan pendekatan yang lebih inovatif dan interactive. Hal ini didasarkan pada pertimbangan bahwa proses belajar-mengajar tidak hanya sebatas tatap muka di kelas atau laboratorium dengan tempat dan waktu yang terbatas. Dengan fasilitas ini, peserta pelatihan diharapkan akan tetap melakukan kegiatan pembelajaran secara mandiri, lebih bersifat personal dan berkesinambungan sehingga pemahaman, cakupan, kedalaman materi bisa lebih ditingkatkan.
E-learning (electronic learning) adalah fasilitas pembelajaran elektronik yang digunakan untuk membantu mahasiswa memahami suatu materi ajar. E-learning menyediakan materi pembelajaran yang dilengkapi dengan audio visual yang dapat memberikan gambaran suatu konsep lebih jelas (dilengkapi dengan contoh visual yang lebih komunikatif). Pemanfaatan e-learning akan memberikan manfaat pada peningkatan daya kognitif mahasiswa dalam memahami konsep materi ajar. Semakin banyak fasilitas e-learning yang disediakan maka semakin besar kemungkinan mahasiswa dapat memahami konsep materi ajar yang lebih cepat dan efektif. Materi e-learning terdiri dari CD Interaktif, maupun virtual class (yaitu pembelajaran secara online melalui Internet) serta electronic journal. Penerapan E-learning dalam proses belajar-mengajar di Universitas Gunadarma merupakan salah satu tugas dari E-Learning Center, yang mulai aktif sebagai unit baru mulai 25 Maret 2007. Implementasi E-learning tersebut dapat dilihat pada portal e-learning dengan alamat http://elearning.gunadarma.ac.id.
Beberapa kegiatan yang telah dilakukan oleh E-Learning Center adalah sebagai berikut:


Modul CD Interaktif
Materi pembelajaran dalam bentuk CD interaktif yang sudah di-upload ke portal E-learning berjumlah 6 buah, yang untuk materi sebagai berikut:
  1. Analisis Kinerja Sistem
  2. Arsitektur Komputer
  3. Jaringan Komputer
  4. Medan Elektromagnetik
  5. Robotika
  6. TSI Perbankan
Nomor 1 sampai dengan 5 merupakan hasil Teaching Grant ADB (periode 2003 – 2005) dan 6 merupakan modul pelatihan yang diselenggarakan Universitas Gunadarma bekerjasama dengan Bank Indonesia.


Virtual Class
Materi pembelajaran yang telah diimplementasi dalam bentuk perkuliahan VCLASS sejak tahun 2003 adalah untuk tiga mata kuliah yaitu:
  1. Ilmu Budaya Dasar
  2. Ilmu Sosial Dasar
  3. Pendidikan Kewarganegaraan
Sedangkan modul V-Class untuk program SARMAG Teknologi Informasi mulai diselenggarakan pada tahun 2007 untuk empat mata kuliah, yaitu:
  1. Pendidikan Agama Budha
  2. Pendidikan Agama Islam
  3. Pendidikan Agama Kristen
  4. Pendidikan Pancasila


Digitalisasi Video Pembelajaran dan E-Book
Terdapat 130 koleksi video pembelajaran hasil produksi Universitas Gunadarma yang akan didigitalisasi mulai ATA 2006/2007. Sampai dengan bulan Juli 2007 baru terealisasi 40 video. Dalam rangka mempersiapkan e-book, telah dicoba scann buku paket terbitan Gunadarma namun hasilnya kurang memuaskan karena kertas yang digunakan buku paket tipis sehingga cetakannya berbayang pada halaman dibaliknya yang berpengaruh terhadap hasil scanning.
Direncanakan akan diselenggarakan pelatihan pembuatan ebook pada tanggal 6 – 10 Agustus 2007 yang diselenggarakan Universitas Gunadarma bekerjasama dengan Pusat Perbukuan Nasional-Depdiknas.


Monitoring Web Pembelajaran
Pada semester ATA 2006/2007 diselenggarakan V-CLASS untuk mata kuliah (a) Ilmu Budaya Dasar untuk program studi Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Sistem Komputer; (b) Ilmu Sosial Dasar untuk program studi Sistem Informasi; serta Pendidikan Kewarganegaraan Untuk program studi Akuntansi. Perkuliahan VCLASS dibuka mulai tanggal 26 Maret – 31 Agustus 2007. Monitoring mahasiswa peserta mata kuliah tersebut di atas dilakukan setelah masa perkuliahan sebelum Ujian Tengah Semester berakhir. E-learning center bekerjasama dengan BAAK menyampaikan laporan keaktifan mahasiswa atau absensi mahasiswa kepada peserta perkuliahan. Laporan ini tidak disampaikan ke koordinator mata kuliah karena keaktifan peserta belum dihitung sebagai komponen nilai mata kuliah.
Monitoring SAP Online dititikberatkan pada monitoring cakupan materi yang tercantum SAP online tersebut. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa:
  • Belum semua mata kuliah yang diselenggarakan oleh masing masing program studi mempunyai SAP online
  • Terdapat ketidak konsistenan informasi pada
  1. daftar mata kuliah dengan isi file SAP
  2. nama mata kuliah SAP online dengan nama mata kuliah pada web Jurusan atau data PSA
  • Ada beberapa SAP yang tidak mengikuti format yang berlaku
Pengembangan SAP Online selanjutnya perlu kerjasama dan koordinasi dengan bagian terkait.


Berdasarkan hasil monitoring Email Dosen- yang sudah menggunakan layanan baru melalui Nustaffsite, jumlah dosen yang sudah melakukan migrasi email system ke system baru tersebut tercatat sebanyak 488 orang sampai pertengahan bulan Juli 2007 telah teregistrasi sebanyak 488 account email.
Mengingat E-Learning Center merupakan unit kerja baru maka pemanfaatan portal E-learning center masih dalam taraf permulaan. Beberapa permasalahan yang masih dihadapi saat ini adalah:
  1. Pemanfaatan e-learning center belum diintegrasikan dalam proses belajar-mengajar di kelas oleh dosen. Pengintegrasian system tersebut memerlukan kebijakan dan prosedur resmi dari Universitas Gunadarma.
  2. Prosedur standar pengembangan e-learning masih belum diimplementasikan dalam proses pegembangan materi E-Learning. Hal ini menyebabkan keberagaman fitur atau platform materi E-Learning yang telah tersedia di portal E-Learning.
  3. Materi E-Learning masih didominasi oleh mata kuliah untuk program studi sistem komputer, sistem informasi, dan teknik informatika. Hal ini terkait dengan kemampuan disain dan pemrograman e-learning yang memerlukan pengetahuan dan ketrampilan yang memadai
  4. Proses digitalisasi video pengajaran dan diktat kuliah belum selesai dilaksanakan dan masih memerlukan dukungan server atau harddisk dengan kapasitas penyimpanan yang memadai.
  5. Content Management System belum didukung dengan prosedur atau mekanisme implementasi yang resmi, terutama dalam koordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam pengaturan kewewenangan pemutakhiran, uploading, dan pengembangan materi baru.
  6. Monitoring pemanfaatan materi E-Learning oleh mahasiswa belum dilengkapi dengan statistik penggunaan untuk setiap modul E-Learning, kecuali untuk materi kuliah melalui V-Class.


UG Staffsite

”Setiap dosen pengajar di Universitas Gunadarma perlu memanfaatkan digital locker untuk dosen- dikenal sebagai situs staffsite yang merupakan homepage resmi dosen, untuk media informasi dan komunikasi dari dosen yang bersangkutan ke civitas academica atau masyarakat. User ID dan password dari staffsite tersebut merupakan kode akses ke semua layanan informasi dan pembelajaran berbasis web- atau disebut juga single identity policy”.
Situs dosen dapat digunakan sebagai fasilitas diseminasi sumber ajar kepada mahasiswa, di mana dosen dapat menyediakan sumber ajar maupun sumber ilmu pengetahuan lainnya yang dapat diakses oleh mahasiswa. Hal ini akan mempermudah dan mempercepat pemberian materi ajar sehingga mahasiswa dimungkinkan dapat memahami materi kuliah sebelum kuliah diberikan.
Homepage resmi staff Universitas Gunadarma tersebut memberikan berbagai layanan yaitu (a) Bio data pribadi, (b) latar belakang pendidikan, (c) pengalaman dalam bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat, (c) informasi untuk mahasiswa, (d) upload bahan ajar untuk mahasiswa, (e) informasi dari insitusi, (f) forum diskusi, (g) pengelolaan jadwal kegiatan, (h) informasi homepage, emailm dan blog dari dosen lain, serta (i) blog.


UG Studentsite

”Setiap mahasiswa Universitas Gunadarma wajib menggunakan digital locker- yang disebut situs studentsite, untuk mengakses layanan informasi dan pembelajaran secara elektronik. User ID dan password dari studentsite tersebut merupakan kode akses ke semua layanan informasi dan pembelajaran berbasis web- atau disebut juga single identity policy”
Situs mahasiswa (studentsite) disediakan untuk memperoleh informasi dari dosen maupun program studi yang dapat secara langsung diketahui melalui situs mahasiswa tersebut. Situs ini dapat digunakan untuk mendukung proses belajar-mengajar yaitu melalui (a) informasi jadwal kuliah dan ujian, (b) informasi atau tugas dari dosen, dan (3) Daftar Nilai Sementara (DNS). Selain itu, USER ID dan password pada studentsite ini dapat digunakan untuk mengakses layanan ICT lainnya yaitu UG-Hotzone, Internet Lounge, Integrated Lab, Career Center, dan E-Learning Center.


UG Library

Universitas Gunadarma menyediakan situs Perpustakaan selain ditujukan secara khusus untuk anggota perpustakaan Universitas Gunadarma, juga secara umum ditujukan untuk masyarakat pada umumnya. Layanan jarak jauh disediakan pada situs ini untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jasa perpustakaan untuk meningkatkan pengetahuannya.


UG Integrated Lab/Remote Lab

Integrates Lab / Remote Lab yang dikenal dengan I-LAB adalah laboratorium komputer dengan konsep baru yang dikembangkan oleh Universitas Gunadarma. Konsep ini mengacu pada kemandirian Praktikan, sehingga diharapkan setiap Praktikan memiliki tanggung jawab pada diri sendiri serta lebih dewasa dalam bersikap dan berperilaku dalam praktikum.
Praktikan tidak selalu didampingi Asisten Laboratorium, dan untuk praktikum berikutnya dapat memilih jadwal yang kosong, merupakan contoh kemandirian yang harus dijalani Praktikan di I-Lab. Namun demikian, ada konsekuensi yang harus dijalani Praktikan agar kelak dapat dinyatakan lulus dalam mengikuti kegiatan praktikumnya.


UG HotZone

Diluar pengajaran formal (di dalam ruang kuliah & laboratorium) dikembangkan pula lingkungan yang kondusif untuk mengairahkan proses belajar mengajar bagi mahasiswa dan dosen. Di setiap sudut kampus telah difasilitasi dengan hotspot yang dikenal dengan hotzone.
UG Hotzone yang terdapat di 70 titik yang tersebar di berbagai lokasi kampus yang diperuntukkan bagi seluruh sivitas akademika. Hal ini memudahkan setiap sivitas akademika Universitas Gunadarma mengakses internet di seluruh lokasi kampus dengan mudah dan cepat terutama bagi mereka yang memiliki notebook, handphone, PDA yang sudah fasilitas WiFi.
Terutama untuk setiap mahasiswa Universitas Gunadarma, mulai dari awal masuk sebagai mahasiswa baru telah diberikan fasilitas untuk aktifasi studentsite yang dapat dimanfaatkan untuk menggunakan hotzone di lingkungan Universitas Gunadarma.


UG Internet Lounge

Bagi mahasiswa yang tidak memiliki / membawa notebook, Universitas Gunadarma menyediakan satu ruangan khusus yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa secara gratis untuk dapat mengakses internet yang dikenal dengan sebutan Internet Lounge.


UG Community

UG Community merupakan layanan yang disediakan bagi mahasiswa, staff, alumni, dan pemerhati Universitas Gunadarma yang memiliki kesamaan identitas, ingin berbagi, peduli dan partisipasi serta adanya minat yang sama untuk membentuk suatu forum, menulis blog, menampilkan dan berbagi photo, video, dan musik, dan sebagai sarana komunikasi antar sesama anggota komunitas

0 komentar:

Posting Komentar