Modernisasi Pertanian

Modernisasi pertanian merupakan arah yang kita tempuh dalam pembangunan pertanian di Indonesia. Dimana dapat diartikan juga sebagai perubahan "tradisional" menuju ke arah "modern". Sebagai contoh sebelum dilakukannya modernisasi pertanian, para petani membajak sawahnya dengan menggunakan bantuan kerbau, namun setelah pertanian mengalami kemajuan lalu sebagian para petani meninggalkan kebiasaan tersebut dengan menggantinya menggunakan traktor. Tentunya penggunaan traktor tersebut dapat memudahkan para petani dan lebih mengefisienkan waktu, namun masih ada petani yang enggan menggunakan traktor, karena alasan tertentu seperti traktor tidak ramah lingkungan, ataupun tidak tahu bagaimana menggunakan alat tersebut.

Selain itu juga modernisasi pertanian dapat dilihat dari penggunaan mesin penggiling padi, dimana sebelumnya para petani masih menggunakan timbul padi. Beberapa modernisasi padi lainnya yaitu, penggantian pupuk dari pupuk kandang menjadi pupuk urea, pemakaian bibit padi dari bibit local menjadi bibit unggul, penerapan teknik irigasi baru.

Dari adanya modernisasi pertanian ini, menimbulkan dampak positif dan juga negatif diantaranya yaitu ; lebih mempercepat pekerjaan petani dengan adanya perkembangan teknologi, hasi pertanian lebih bagus, merusak lingkungan.

0 komentar:

Posting Komentar